Rabu, 08 Juni 2011

Tugas artikel Pak Mardwi

PERTUMBUHAN EKONOMI


Masalah ekonomi memang tidak pernah lepas dari kehidupan kita sehari hari, begitu pula dalam konteks perencanaan suatu wilayah maupun kota. Ekonomi adalah salah satu hal yang sangat perlu diamati oleh perencana karena dalam pembangunan suatu kota, pertumbuhan ekonomi berperan sebagai “mesin penggerak”. Penting bagi perencana untuk memahami hal tersebut agar perencana dapat memberikan suatu konsep yang sesuai bagi berjalannya suatu wilayah atau kota.
Seiring dengan bertumbuhnya suatu kota, maka semakin bertumbuh juga perekonomian dalam kota tersebut. Namun pertumbuhan ekonomi tersebut tidak selamanya berjalan dengan sehat, pertumbuhan ekonomi yang buruk akan menyebabkan kesenjangan ekonomi, antara sedikit kelompok yang menikmati pertumbuhan ekonomi, dan banyak kelompok yang tidak menikmatinya. Contohnya dapat kita lihat di Jakarta. Sekilas kita melihat bahwa Jakarta memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat dengan semakin bertambah suburnya mal-mal dan bangunan-bangunan mewah lainnya, namun ironisnya dibalik gedung-gedung bertingkat dan bangunan mewah lainnya kita masih melihat begitu banyak penduduk yang tinggal di kolong jembatan, di dekat rel kereta api maupun di tepian-tepian sungai. Hal-hal tersebut jelas menunjukkan bahwa kesenjangan ekonomi yang terjadi memang cukup tinggi. Pertumbuhan ekonomi yang sehat adalah pertumbuhan ekonomi yang merata atau menggerakkan sebagian besar kelompok masyarakat untuk dapat menikmati pertumbuhan tersebut. Negara-negara maju biasanya memiliki pertumbuhan ekonomi yang sehat atau lebih tepatnya tidak memiliki kesenjangan ekonomi yang jauh seperti di Jakarta.
Pertumbuhan ekonomi yang sehat adalah pertumbuhan ekonomi yang diharapkan semua kalangan. Tugas perencana sendiri adalah mengarahkan suatu kota sehingga tercipta suatu perekonomian yang sehat yang dapat mensejahterakan penduduk dalam kota tersebut. Kota menjadi berkembang dan berkelanjutan dengan sebagaimana mestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar